Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate terhadap Keterampilan Berbicara

Authors

  • Umi Habibah Universitas Nurul Huda
  • Dyah Pravitasari Universitas Nurul Huda
  • Imam Rodin Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.159

Keywords:

Pengaruh Model active debat terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VI SDN 02 Sriwangi OKU Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model active debate terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VI SD Negeri 02 Sriwangi. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design (Nondesign) dengan One Grup Pretest Postest Design. Adapun subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VI terdiri dari 7 siswa. Dalam penelitian ini diperoleh hasil nilai ratarata pretest yaitu 60,71% dan nilai rata-rata postest yaitu 80,71 %. Berdasarkan ujihipotesis menggunakan software SPSS versi 25 melalui uji paired sampel t-tes diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Active Debate dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa VI di SD Negeri 02 Sriwangi.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Habibah, U., Pravitasari, D., & Rodin, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate terhadap Keterampilan Berbicara. FingeR: Journal of Elementary School, 1(2), 99–107. https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.159
Abstract Views: 424 | File Views: 370

Most read articles by the same author(s)