Pengaruh Metode Learning by Game terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Andre Saputra Universitas Nurul Huda
  • Imam Rodin Universitas Nurul Huda
  • Ratih Purnama Pertiwi Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v2i2.640

Keywords:

Metode Learning by game, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas III SDN 01 Tulus
Ayu pada pembelajaran PPKn, hal ini dikarenakan dari faktor penggunaan metode
pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti berupaya
mencoba menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi, yaitu metode Learning
by game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode learning by game
terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di kelas III SDN 01 Tulus
Ayu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode
eksperimen, desain yang digunakan One-grop pretest-posttest design. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas III SDN 01 Tulus Ayu yang berjumlah 16 peserta didik dengan teknik
sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes
(pretest dan posttest) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata
hasil pretest sebelum penggunaan metode learning by game diperoleh sebesar 64,81,
sedangkan nilai rata-rata hasil belajar posttest sesudah menggunakan metode learning by
game sebesar 76,31. Kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test
mendapatkan ini nilai sig 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat
dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode learning by game terhadap hasil
belajar siswa

Kata Kunci: Metode Learning By game, Hasil Belajar

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Saputra, A., Rodin, I., & Purnama Pertiwi, R. (2023). Pengaruh Metode Learning by Game terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 2(2), 41–49. https://doi.org/10.30599/finger.v2i2.640
Abstract Views: 38 | File Views: 33