Implementasi Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Ruminah Universitas Nurul Huda
  • Maria Ulfa Universitas Nurul Huda
  • Sri Enggar Kencana Dewi Universitas Nurul Huda
  • Nor Kholidin Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.838

Keywords:

Model Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Perubahan perilaku dan peningkatan pengetahuan baru pada peserta didik dapat membuat mereka belajar dengan senang dan tertarik mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran harus dirancang dengan lebih inovatif dan kreatif, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 01 Tugu Harum. Pendekatkan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest Post-test. Sampel yang digunakan berjumlah 28 peserta didik kelas IV. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini ialah uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan paired sample t-test dengan aplikasi pengolah data yaitu SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran make a match. Nilai rata-rata sebelum penerapan model make a match adalah 42,50, sedangkan setelah menerapkan nilai rata-rata meningkat menjadi 86,25. Dengan demikian, hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima, karena uji sampel t-test berpasangan menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Ruminah, Ulfa, M., Enggar Kencana Dewi, S., & Kholidin, N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Peserta Didik . FingeR: Journal of Elementary School, 3(1), 32–39. https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.838

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 118 | File Views: 119

Most read articles by the same author(s)