Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Qur’ani pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Nur Halimah universitas nurul huda
  • Dyah Pravitasari Universitas Nurul Huda
  • Supangat Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.688

Keywords:

Media Pembelajaran Big Book, Berbasis Qur’ani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran big book berbasis Qur’ani pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Falah. Tujuan utama dari pengembangan media ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta mempermudah pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA. Selain itu, media ini juga dirancang untuk meningkatkan kreativitas pengajaran guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahapan. Namun, karena keterbatasan waktu dan materi, penelitian ini hanya melibatkan tiga tahap. Pertama, analysis (analisis), kedua design (desain/perancangan), dan ketiga development (pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru memerlukan media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman siswa dan menyajikan materi dengan cara yang menyenangkan, 2) Media pembelajaran yang dikembangkan adalah "big book berbasis Qur'ani" melalui studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian produk, 3) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa: a) Penilaian oleh ahli materi menunjukkan relevansi media dengan skor persentase 100%, dikategorikan sebagai "sangat layak" untuk digunakan, b) Penilaian oleh ahli media berdasarkan beberapa aspek menghasilkan skor persentase 90%, juga dikategorikan sebagai "sangat layak".

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Nur Halimah, Pravitasari, D., & Supangat. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Qur’ani pada Mata Pelajaran IPA . FingeR: Journal of Elementary School, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.688

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 89 | File Views: 80