Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.437Keywords:
Strategi Guru, Gaya Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru kelas dalam menghadapi gaya belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Tulus Ayu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digukanan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa sebanyak 6 siswa kelas V SD Negeri 01 Tulus Ayu memiliki gaya belajar kinestetik, 4 anak dengan gaya belajar visual dan 2 siswa dengan gaya belajar audiotori. Strategi yang digunakan guru untuk menghadapi gaya belajar tipe kinestetik adalah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran inkuiri, sedangkan untuk gaya belajar tipe visual dan gaya belajar tipe audiotori guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Faktor pendukung dalam menghadapi gaya belajar siswa yaitu siswa yang semangat dan antusias saat belajar, guru berusaha menerapkan strategi dan metode yang dikuasai, kondisi lingkungan yang nyaman, sumber belajar dan beberapa alat peraga yang cukup. Faktor penghambatnya yaitu siswa yang kurang berkonsentrasi untuk belajar di jam siang, rendahnya kekreatifan guru dalam menggunakan strategi yang tepat ketika kondisi dan suasana kelas tidak memungkinkan, dan keterbatasan media elektronik seperti LCD proyektor dan speaker.