Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Mia Titin Yulianti STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung
  • Qomario STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung
  • Nureva STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.458

Keywords:

Hasil Belajar,, Ilmu Pengetahuan Alam, Model RADEC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design yang menggunakan bentuk One-Group Pre-test Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Rajabasa Bandar Lampung. Penentuan sampel dengan teknik non probality sampling dengan menggunakan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian ditunjukan dengan hasil uji-t (paired t-test) untuk sampel yang sama dengan perlakuan yang berbeda (pretest-posttest) sebesar -12,064 lebih kecil dari ttabel 2,120 pada taraf Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa terdapat terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Rajabasa Bandar Lampung.

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Mia Titin Yulianti, Qomario, & Nureva. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) terhadap Hasil Belajar. FingeR: Journal of Elementary School, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.458

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 244 | File Views: 581