Pengembangan Media 3D Berbasis AR Assemblr EDU Materi Balok dan Kubus Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v3i2.967Keywords:
AR Assemblr EDU, Matematika, Sekolah DasarAbstract
Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat menciptakan suasana yang lebih dinamis, menghindari kejenuhan, dan memberikan pengalaman unik bagisiswa. Selain itu, media juga mendukung guru dalam menyampaikan materi secara lebih efektif. Minimnya penggunaan media pada pembelajaran materi balok dan kubus disebabkan oleh keterbatasan guru dalam menciptakan media serta kurangnya efektivitas dalam penggunaannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media 3D berbasis AR Assemblr EDU materi balok dan kubus matematika kelas IV SDN 01 Lubuk Harjo, serta mengetahui bagaimana hasil uji validasi dari ahli media dan ahli materi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D four D), Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Dissemination (penyebaran). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahapan Development (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa uji ahli materi memperoleh nilai sebesar 91,6% dengan kategori presentase "sangat baik", sementara uji ahli media juga mendapatkan nilai 91,6% dengan kategori presentase "sangat baik". Selain itu, uji praktikalitas menunjukkan hasil akhir sebesar 97,55% dengan kategori "sangat praktis" untuk media Assemblr EDU, khususnya pada materi balok dan kubus.