Pengembangan Media 3D Berbasis AR Assemblr EDU Materi Balok dan Kubus Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Devi Rahmawati Universitas Nurul Huda
  • Arini Rosa Sinensis Universitas Nurul Huda
  • Imam Rodin Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v3i2.967

Keywords:

AR Assemblr EDU, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat menciptakan suasana yang lebih dinamis, menghindari kejenuhan, dan memberikan pengalaman unik bagisiswa. Selain itu, media juga mendukung guru dalam menyampaikan materi secara lebih efektif.  Minimnya penggunaan media pada pembelajaran materi balok dan kubus disebabkan oleh keterbatasan guru dalam menciptakan media serta kurangnya efektivitas dalam penggunaannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media 3D berbasis AR Assemblr EDU materi balok dan kubus matematika kelas IV SDN 01 Lubuk Harjo, serta mengetahui bagaimana hasil uji validasi dari ahli media dan ahli materi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D four D), Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Dissemination (penyebaran).  Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahapan Development (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa uji ahli materi memperoleh nilai sebesar 91,6% dengan kategori presentase "sangat baik", sementara uji ahli media juga mendapatkan nilai 91,6% dengan kategori presentase "sangat baik". Selain itu, uji praktikalitas menunjukkan hasil akhir sebesar 97,55% dengan kategori "sangat praktis" untuk media Assemblr EDU, khususnya pada materi balok dan kubus.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Rahmawati, D., Rosa Sinensis, A., & Rodin, I. (2024). Pengembangan Media 3D Berbasis AR Assemblr EDU Materi Balok dan Kubus Matematika di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 3(2), 49–57. https://doi.org/10.30599/finger.v3i2.967
Abstract Views: 10 | File Views: 23