Implementasi Model Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kemagnetan Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v3i2.1058Keywords:
Model Inquiry, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kemagnetan dengan menerapkan model pembelajaran inquiry di kelas IV SDN Bekasi Jaya 1. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dan memiliki dua siklus penting yang dilakukan, terbagi atas siklus I dan siklus II. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian yaitu 32 orang dengan 18 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Desain penelitian tindakan menerapkan setiap siklus melibatkan tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat secara signifikan pada siklus II. Sebanyak 9 siswa dari 2 kelompok mencapai kategori baik atau tuntas KKM dengan persentase 30%, sementara 21 siswa lainnya dari 5 kelompok berada pada kategori cukup dengan persentase 70%. Peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II tercatat sebesar 26,81%. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran inquiry efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep kemagnetan, yang berdampak pada peningkatan hasil belajar mereka.