Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Touch and Play terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v3i2.1033Keywords:
Kohoot, Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Kahoot berbasis Touch and Play terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dan desain penelitian One Group Design dengan penilaian pre-test dan post-test. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas IV SDN Harjowinangun yang berjumlah 18 peserta didik. Penelitian ini menggunakan angket berpikir kritis sebanyak 15 item, dilengkapi dengan dokumentasi yang berkaitan dengan pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis data meliputi uji validitas, penilaian reliabilitas, penilaian normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 57,89%, sementara rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 83,47%. Analisis menggunakan uji paired sample t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Kahoot. Dengan demikian, media pembelajaran Kahoot berbasis Touch and Play terbukti secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPAS