Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri

Authors

  • Rida Mariska Sari Universitas Nurul Huda
  • Ratih Purnama Pertiwi Universitas Nurul Huda
  • Sri Enggar Kencana Dewi Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v3i2.976

Keywords:

Media Baamboozle, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V MIN 3 OKU Timur. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai Standar Kompetensi Minimum (KKM) yang telah ditentukan, kondisi ini menggambarkan bahwa banyak siswa belum mencapai tingkat kompetensi yang diharapkan dalam pembelajaran IPAS, sehingga dibutuhkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan hasil belajar mereka agar sesuai dengan standar yang ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Baamboozle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V MIN 3 OKU Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, bentuk desain One Group Pretest-Posttest sumber data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum menerapkan media pembelajarn Baamboozle sebesar 45,82%, sedangkan setelah menerapkan rata-rata nilai sebesar 81,30%. Dengan demikian, Uji Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Baamboozle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V MIN 3 OKU Timur.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Rida Mariska Sari, Purnama Pertiwi, R., & Enggar Kencana Dewi, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri . FingeR: Journal of Elementary School, 3(2), 58–64. https://doi.org/10.30599/finger.v3i2.976
Abstract Views: 105 | File Views: 175

Most read articles by the same author(s)