Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v3i2.976Keywords:
Media Baamboozle, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V MIN 3 OKU Timur. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai Standar Kompetensi Minimum (KKM) yang telah ditentukan, kondisi ini menggambarkan bahwa banyak siswa belum mencapai tingkat kompetensi yang diharapkan dalam pembelajaran IPAS, sehingga dibutuhkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan hasil belajar mereka agar sesuai dengan standar yang ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Baamboozle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V MIN 3 OKU Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, bentuk desain One Group Pretest-Posttest sumber data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum menerapkan media pembelajarn Baamboozle sebesar 45,82%, sedangkan setelah menerapkan rata-rata nilai sebesar 81,30%. Dengan demikian, Uji Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Baamboozle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V MIN 3 OKU Timur.