Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa MIN
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v2i2.658Keywords:
Media Pembelajaran quizizz, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya permasalahan berupa hasil belajar
siswa yang rendah pada mata pelajaran IPAS Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)
3 OKU Timur yang menunjukkan hanya 9 siswa yang dapat mencapai kriteria ketuntasan
minimum (KKM) dan 14 siswa lainnya belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini
adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di
MIN 3 OKU Timur sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif
Quizizz, (2) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di MIN 3 OKU Timur. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk desain
penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sumber data diperoleh
melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V. Hal ini dapat dilihat
dari hasil belajar Pretest sebesar 52,27 dan hasil belajar Posttest sebesar 75,90. Hasil Uji
Paired Sampel T-Test memperoleh nilai signifikansi 0,0000 < 0,05 yang artinya terdapat
pengaruh antara media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi Quizizz (X)
terhadap hasil belajar (Y) siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V MIN 3 OKU Timur.
Kata Kunci : Media Pembelajaran quizizz, Hasil Belajar