Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Ratih Tri Anjani Universitas Nurul Huda
  • Dyah Pravitasari Universitas Nurul Huda
  • Arini Rosa Sinensis Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga dakota
terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Tugu Harum. Desain penelitian yang
digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan One-Group Pretest-Posttest
Design. Adapun subjek penelitian nya yaitu siswa kelas IV SDN 01 Tugu Harum
yang terdiri dari 28 siswa. Dalam penelitian ini diperoleh hasil nilai rata-rata pretest
43,75 % dan nilai rata-rata posttest yaitu 86,79 %. Berdasarkan uji hipotesis
menggunakan software SPSS versi 25 melaluiuji paired sampel t test diperoleh nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan alat peraga dakota
terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 TuguHarum.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Tri Anjani, R. ., Pravitasari, D. ., & Rosa Sinensis, A. . (2022). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar. FingeR: Journal of Elementary School, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.160
Abstract Views: 154 | File Views: 215

Most read articles by the same author(s)