Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.160Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga dakota
terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Tugu Harum. Desain penelitian yang
digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan One-Group Pretest-Posttest
Design. Adapun subjek penelitian nya yaitu siswa kelas IV SDN 01 Tugu Harum
yang terdiri dari 28 siswa. Dalam penelitian ini diperoleh hasil nilai rata-rata pretest
43,75 % dan nilai rata-rata posttest yaitu 86,79 %. Berdasarkan uji hipotesis
menggunakan software SPSS versi 25 melaluiuji paired sampel t test diperoleh nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan alat peraga dakota
terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 TuguHarum.