Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.30599/jeco.v2i2.583Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), CanvaAbstract
Pengembangan media ini dikarenakan terdapat sebuah masalah pada peserta didik terhadap pembelajaran IPS yang berlangsung yaitu peserta didik merasa bosan dengan penyampaian materi dan sulit memahami pelajaran IPS. Diharapkan dapat membantu nalar peserta didik dan tidak merasa bosan dengan berlangsungnya pembelajaran IPS dikelas. Mengembangkan sebuah media yang dikenal dengan istilah LKPD didesain menggunakan aplikasi Canva pada materi mengenal Negara-negara ASEAN. Pengembangan ini masuk kedalam jenis (R&D) yaitu penelitian dan pengembangan. Pada penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Pengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang di gunakan yaitu lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan ahli praktisi untuk mengukur validitas media LKPD, sedangkan dari peserta didik untuk mengukur apakah LKPD valid atau tidak disaat digunakan. Hasil penelitian LKPD berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran IPS menunjukan bahwa ahli media 94% sangat valid, sedangkan dari ahli materi 88% valid, sedangkan dari peserta didik yaitu 81% dengan kategori sangat valid. Jadi penggunaan media LKPD sangat layak digunakan di MTs Nurul Huda sukaraja.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kiki Puspitasari, Miftakhur Rohmah, Siti Afifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.