Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Kiki Puspitasari Universitas Nurul Huda
  • Miftakhur Rohmah Universitas Nurul Huda
  • Siti Afifah Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jeco.v2i2.583

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Canva

Abstract

Pengembangan media ini dikarenakan terdapat sebuah masalah pada peserta didik terhadap pembelajaran IPS yang berlangsung yaitu peserta didik merasa bosan dengan penyampaian materi dan sulit memahami pelajaran IPS. Diharapkan dapat membantu nalar peserta didik dan tidak merasa bosan dengan berlangsungnya pembelajaran IPS dikelas. Mengembangkan sebuah media yang dikenal dengan istilah LKPD didesain menggunakan aplikasi Canva pada materi mengenal Negara-negara ASEAN. Pengembangan ini masuk kedalam jenis (R&D) yaitu penelitian dan pengembangan. Pada penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Pengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang di gunakan yaitu lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan ahli praktisi untuk mengukur validitas media LKPD, sedangkan dari peserta didik untuk mengukur apakah LKPD valid atau tidak disaat digunakan. Hasil penelitian LKPD berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran IPS menunjukan bahwa ahli media 94%  sangat valid, sedangkan dari ahli materi 88% valid, sedangkan dari peserta didik yaitu 81% dengan kategori sangat valid. Jadi penggunaan media LKPD sangat layak digunakan di MTs Nurul Huda sukaraja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

Puspitasari, K. ., Rohmah, M. ., & Afifah, S. . (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran IPS. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 2(2), 64–72. https://doi.org/10.30599/jeco.v2i2.583
Abstract Views: 260 | File Views: 279

Most read articles by the same author(s)