Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 01 Belitang Madang Raya

Authors

  • Mesy Anggita Universitas Nurul Huda
  • Vovi Sinta Universitas Nurul Huda
  • Muhamad Nanang Rifa'i Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jeco.v2i1.498

Keywords:

Make A Match, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh metode pembelajar make a match pada mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 01 Belitang Madang Raya. Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya partisipasi peserta didik dalam belajar, peserta didik tidak semangat saat belajar dan peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajarpeserta didik. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan Populasi Kelas VII SMPN 01 Belitang Madang Raya dan sampel berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan metode tes. Dan penelitian ini juga dibuktikan dengan melihat persentase pengaruh setelah menggunakan Metode Pembelajaran Make A Match dikelas VII.4 terhadap hasil belajar peserta didik yaitu 72,1% dan 27,9 % dipengaruh oleh faktor lain yang tidak ikuti diteliti dan bisa dilihat pada persaman regresi linier sederhana. Sehingga dapat diartikan bahwa penelitian ini terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII DI SMPN 01 Belitang Madang Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Anggita, M., Sinta, V. ., & Nanang Rifa’i, M. . (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 01 Belitang Madang Raya. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.30599/jeco.v2i1.498
Abstract Views: 245 | File Views: 232

Most read articles by the same author(s)