Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Web Based Training Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Pangudi Luhur Sukaraja
DOI:
https://doi.org/10.30599/jeco.v3i1.624Keywords:
Media Web Based TrainingAbstract
Keterbatasan media pembelajaran yang tersedia membuat siswa memerlukan pemahaman terhadap materi yang sedang dipelajarinya. Media pembelajaran berbasis situs dapat dimanfaatkan untuk menjadikan pengalaman yang berkembang menjadi sangat menarik dan sesuai dengan hakikat pembelajaran. Media pembelajaran cerdas elektronik merupakan pengenalan materi pembelajaran melalui web yang dapat diperhatikan kapanpun dan dimanapun. Bagian-bagian yang terdapat dalam media pembelajaran intuitif online adalah bagian penglihatan dan suara, misalnya teks, gambar, suara, video dan keaktifan yang dapat direncanakan secara cerdas. Maksud dari pengujian ini adalah untuk membangun hakikat pembelajaran pada ujian sosial kelas VII materi “latihan manusia dalam menyikapi kebutuhan”. pembelajaran cerdas yang diciptakan berdasarkan standar legitimasi, kelayakan, dan kewajaran. Teknik yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran cerdas adalah strategi kerja inovatif dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mempunyai 5 tahapan yaitu pengujian, perencanaan, pengembangan, pelaksanaan dan penilaian. Berdasarkan hasil pengujian, ahli media mendapat klasifikasi sesuai dengan normal umum 80%, sedangkan ahli materi mendapat klasifikasi sesuai dengan normal umum 80%. Dilihat dari hasil reaksi guru mendapat kelas sangat cocok dengan rata-rata 86%, hasil penyisihan pertemuan kecil mendapat klasifikasi sangat baik dengan ratarata 87%, sedangkan hasil penyisihan pertemuan besar mendapat kelas sangat layak dengan rata-rata level 84%. Jadi media pembelajaran ujian sosial berbasis situs ini berdampak dan bekerja pada sifat maju di kalangan siswa dan pendidik seiring dengan terciptanya inovasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diah Tika Rohmani, Miftakhur Rohmah, Khafid Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.