Pengaruh Self Regulated Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS di MTs Subulussalam Sriwangi

Authors

  • Eka Supitri Universitas Nurul Huda
  • Miftakhur Rohmah Universitas Nurul Huda
  • Siti Afifah Universitas Nurul Huda
  • Rusmiati Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jeco.v2i1.495

Keywords:

Self Regulated Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui self regulated learning peserta didik di MTs Subulussalam Sriwangi, tingkat motivasi belajar peserta didik di MTs Subulussalam Sriwangi, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Subulussalam Sriwangi dan pengaruh self regulated learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di MTs Subulussalam Sriwangi. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel self regulated learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS di MTs Subulussalam Sriwangi. Dibuktikan dengan uji t dan uji f. Nilai dari variabel self regulated learning t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,823 > 2,036 dengan nilai sig 0,008 < 0,05. Sedangkan nilai dari variabel motivasi belajar t hitung > t tabel sebesar 4,365 > 2,036 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan untuk nilai f hitung > f tabel sebesar 16,684 > 2,62 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan besarnya presentase self regulated learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 51,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Supitri, E., Rohmah, M. ., Afifah, S., & Rusmiati. (2023). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS di MTs Subulussalam Sriwangi . JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30599/jeco.v2i1.495
Abstract Views: 201 | File Views: 421

Most read articles by the same author(s)