Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Aurora 3D Presentation Pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas VII di MTs Hidayatussalam Al – Munawaroh
DOI:
https://doi.org/10.30599/jeco.v3i1.577Keywords:
Media Pembelajaran Pop Up Book, Aurora 3D PresentationAbstract
Abstrak- Penelitian pengembangan ini di latar belakangi oleh terbatasnya sumber belajar yang masih kurang bervariatif, sehingga ketertarikan peserta didik menurun dan semangat dalam melakukan pembelajaran juga kurang. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu : (1) memaparkan proses dalam pengembangan buku pop-up berbasis aplikasi Aurora 3D Presentation sebagai media pembelajaran (2) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut kelayakan dari media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Aurora 3D Presentation, (3) untuk mendapatkan informasi mendalam terkait keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Aurora 3D Presentation, (4) Untuk mendapatkan pemahaman tentang respons siswa terhadap metode pembelajaran menggunakan buku pop-up berbasis presentasi 3D Aurora. Penelitian ini merupakan studi dalam domain penelitian pengembangan, sering disebut sebagai Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan yang dilakukan melibatkan model yang digunakan oleh Dick dan Carry yaitu pengembangan ADDIE. ADDIE merupakan singkatan analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil validitas dari media pembelajaran berbasis Pop Up Book dengan Aurora 3D Presentation telah dikonfirmasi melalui peninjauan oleh ahli dan pengguna. Hasil tinjauan ahli materi mendapat penilaian "valid" dengan nilai 3, sementara penilaian dari ahli media adalah "cukup praktis" dengan nilai 3,21 yang di nyatakan “cukup praktis”. Adapun pendapat atau respon siswa mengenai keefektifan media pembelajaran Pop Up Book berbasis aurora 3D presentation rata-rata nilai berdasarkan uji coba kelompok kecil dari tiap komponen peniaian sebesar 3,265 sehingga media pembelajaran Pop Up Book berbasis aurora 3D presentation dinyatakan “Sangat Menarik”. Pembaruan penelitian penulis dengan penelitian terdahulu yaitu terletak pada penggunaan aplikasi untuk mengembangkan media pembelajaranya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mey Susanti, Siti Afifah, Vovi Sinta B
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.