Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Pembelajaran IPS di Kelas VII SMP Charitas 04 Karang Binangun

Authors

  • Siti Khoirun Nikmah Universitas Nurul Huda
  • Khafid Ismail Universitas Nurul Huda
  • Siti Afifah Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jeco.v2i1.280

Keywords:

Perpustakaan Sekolah, Pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimana peranan perpustakaan dalam menunjang proses pembelajaran IPS di kelas VIII. (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peranan perpustakaan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran IPS di kelas VIII SMP CHARITAS 04 Karang Binangun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perpustakaan di sekolah sudah berperan penting bagi peserta didik dan bisa menunjang dalam proses pembelajaran IPS. Faktor yang mepengaruhi perpustakaan dalam menunjang proses pembelajaran IPS terdapat faktor dari perpustakaan itu seperti  dari guru itu sendiri, dari adanya minat peserta didik dan juga adanya fasilitas-fasilitas yang belum memadai. Pada proses pembelajaran faktor yang didapatkan yakni hambatan-hambatan yang dialami peserta didik dan guru dalam proses pembalajaran berlangsung maka perlu adanya upaya atau solusi agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Khoirun Nikmah, S. ., Ismail, K. ., & Afifah, S. . (2023). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Pembelajaran IPS di Kelas VII SMP Charitas 04 Karang Binangun. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.30599/jeco.v2i1.280
Abstract Views: 134 | File Views: 206

Most read articles by the same author(s)