Analisis Strategi Pemasaran Produk Umkm Melalui Media Sosial pada Ibu PKK Desa Batumarta X
DOI:
https://doi.org/10.30599/jeco.v3i2.927Keywords:
Strategi Pemasaran, Produk UMKM, Media Sosial, PKK Desa Batumarta XAbstract
UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) pada PKK desa Batumarta X merupakan program khusus yang ada dalam kegiatan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga). Permasalahan dalam penelitian ini terletak pada strategi pemasaran produk UMKM melalui media sosial yang memanfaatkan ketersediaan smartphone dan konektivitas internet untuk melakukan promosi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui wawamcara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Strategi pemasaran produk UMKM melalui media sosial yang diterapkan oleh Ibu-ibu PKK Desa Batumarta X menunjukkan hasil yang positif. Yaitu dengan adanya peningkatan penjualan, perluasan pasar, dan penghematan biaya pemasaran yang merupakan sebagai beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh meskipun terdapat beberapa permasalahan dalam penerapannya. Oleh karena itu, dengan dukungan dan pelatihan yang tepat pada Ibu-ibu PKK desa Batumarta X, strategi pemasaran melalui media sosial ini dapat dioptimalkan untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yahdiatun Nisa, Miftakhur Rohmah, Siti Afifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.