Analisis Strategi Pemasaran Produk Umkm Melalui Media Sosial pada Ibu PKK Desa Batumarta X

Authors

  • Yahdiatun Nisa Universitas Nurul Huda
  • Miftakhur Rohmah Universitas Nurul Huda
  • Siti Afifah Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jeco.v3i2.927

Keywords:

Strategi Pemasaran, Produk UMKM, Media Sosial, PKK Desa Batumarta X

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) pada PKK desa Batumarta X merupakan program khusus yang ada dalam kegiatan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga). Permasalahan dalam penelitian ini terletak pada strategi pemasaran produk UMKM melalui media sosial yang memanfaatkan ketersediaan smartphone dan konektivitas internet untuk melakukan promosi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui wawamcara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Strategi pemasaran produk UMKM melalui media sosial yang diterapkan oleh Ibu-ibu PKK Desa Batumarta X menunjukkan hasil yang positif. Yaitu dengan adanya peningkatan penjualan, perluasan pasar, dan penghematan biaya pemasaran yang merupakan sebagai beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh meskipun terdapat beberapa permasalahan dalam penerapannya. Oleh karena itu, dengan dukungan dan pelatihan yang tepat pada Ibu-ibu PKK desa Batumarta X, strategi pemasaran melalui media sosial ini dapat dioptimalkan untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Nisa, Y., Rohmah, M. ., & Afifah, S. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Produk Umkm Melalui Media Sosial pada Ibu PKK Desa Batumarta X. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 3(2), 62–68. https://doi.org/10.30599/jeco.v3i2.927
Abstract Views: 4 | File Views: 4

Most read articles by the same author(s)