Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ketenagakerjaan Kelas XI MA Subulussalam Sriwangi
DOI:
https://doi.org/10.30599/jeco.v3i1.610Keywords:
LKPD berbasis komik, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan produk berupa LKPD berbasis komik yang di buat mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang meningkatnya motivas belajar siswa pada mata pelajarab ekonomi di MA Subulussalam Sriwangi karena masih menggunakan LKPD dengan versi lama. Produk yang dihasilkan berupa LKPD berbasis komik yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Produk dikembangkan menggunakan pendekatan R & D (Research and Development) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD berbasis komik yang telah dikembangkan dan telah memenuhi kriteria sebagaimana mestinya. Hasil pengembangan aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil validasi atas aplikasi diperoleh dari para validator ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan respon pendidik selain itu penilaian hasil implementasi sistem oleh peserta didik. Hasil skor presentase yang diperoleh yaitu dari validasi ahli media (75 %), hasil validasi ahli materi (77,5%), hasil validasi respon pendidik (100 %) dan hasil implementasi aplikasi oleh peserta didik (89%). Dari penilaian di atas memenuhi kriteria sangat layak. Serta memperoleh hasil peningkatan motivasi belajar sebesar (85%). Hal ini menunjukan bahwa pengembangan LKPD berbasis komik dikatakan sangat layak untuk di terapkan serta mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lilis Pebrianti, Rafika Rahmadani, Mursilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.