Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Peserta Didik Dalam Menyusun Kertas Kerja (Worksheet) Pada Perusahaan Jasa Kelas Xi DI SMK Terpadu Takwa Belitang

Authors

  • Siti Rokayah universitas nurul huda
  • Kuatno Universitas Nurul Huda
  • Gustina Masitoh Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jeco.v2i2.648

Keywords:

Kesulitan Belajar, Kertas Kerja (worksheet)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar akuntansi materi kertas kerja (worksheet) pada peserta didik kelas XI di SMK Terpadu Takwa Belitang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menyajikan data dalam bentuk deskripsi. Subjek  penelitian ini berjumlah 39 siswa dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi sumber yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa kurang teliti dalam menyusun makalah persiapan perusahaan, karena kurang memahami materi kertas kerja, kurang mampu menganalisis transaksi, sehingga menghasilkan hasil yang tidak seimbang atau tidak seimbang, selalu ceroboh Selain itu peserta didik yang tidak mengalami kesulitan belajar karena mampu memahami materi kertas kerja perusahaan jasa, serta memerlukan ketelitian dan ketrampilan dalam menyusun kertas kerja agar tidak terjadi kekeliruan pada saat mencatat transaksi. Sehingga pembelajaran akuntansi pada materi kertas kerja membutuhkan konsentrasi yang tinggi serta minat agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

Rokayah, S., Kuatno, & Masitoh, G. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Peserta Didik Dalam Menyusun Kertas Kerja (Worksheet) Pada Perusahaan Jasa Kelas Xi DI SMK Terpadu Takwa Belitang. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.30599/jeco.v2i2.648
Abstract Views: 107 | File Views: 73