Pengembangan Media Teknologi Berbasis Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMP/MTs

Authors

  • Kholifatur Rofiah Universitas Nurul Huda
  • Muhamad Nanang Rifa'i Universitas Nurul Huda
  • Khafid Ismail Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jeco.v3i2.876

Keywords:

Media Tekologi Kahoot, Berpikir Kritis

Abstract

Permasalahan penelitian adalah belum dikembangkannya media berbasis teknologi pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian adalah menganalisis kelayakan dan kemenarikan media teknologi berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik tingkat SMP/MTs. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan angket validasi beserta lembar saran, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teknologi berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sangat layak untuk digunakan dengan hasil validasi ahli materi dan ahli media sebesar 90,00% dan rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis sebesar 95,94% serta respon peserta didik terhadap penerapan media teknologi berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah baik atau menarik dengan persentase rata-rata angket sebesar 74,87%

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Rofiah, K., Rifa’i, M. N., & Ismail, K. (2024). Pengembangan Media Teknologi Berbasis Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMP/MTs. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 3(2), 44–54. https://doi.org/10.30599/jeco.v3i2.876
Abstract Views: 5 | File Views: 2

Most read articles by the same author(s)