Pengembangan Media Teknologi Berbasis Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMP/MTs
DOI:
https://doi.org/10.30599/jeco.v3i2.876Keywords:
Media Tekologi Kahoot, Berpikir KritisAbstract
Permasalahan penelitian adalah belum dikembangkannya media berbasis teknologi pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian adalah menganalisis kelayakan dan kemenarikan media teknologi berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik tingkat SMP/MTs. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan angket validasi beserta lembar saran, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teknologi berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sangat layak untuk digunakan dengan hasil validasi ahli materi dan ahli media sebesar 90,00% dan rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis sebesar 95,94% serta respon peserta didik terhadap penerapan media teknologi berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah baik atau menarik dengan persentase rata-rata angket sebesar 74,87%
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kholifatur Rofiah, Muhamad Nanang Rifa'i, Khafid Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.