Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII Mts Istiqlal Sidomulyo

Authors

  • Widiya Maya Sari Universitas Nurul Huda
  • Siti Afifah Universitas Nurul Huda
  • Sigit Priyono Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jeco.v1i2.242

Keywords:

Project Based Learning, Guided Discovery, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang cenderung menoton serta kurangnya strategi atau model pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  model project based learning berbasis guided discovery terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII  MTs ISTIQLAL Sidomulyo tahun ajaran 2022/2023, sedangkan sampel penelitan yaitu kelas VII 1 sebagai kelas kontrol dan VII 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 peserta didik dimasing-masing kelas. Untuk mendapatkan data digunakan teknik angket dan tes soal berupa pretest dan posttest masing-masing 20 butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian dari uji-t menunjukkan hasil 3.001 dengan nilai signifikansi 0,004. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model project based learning berbasis guided discovery terhadap hasil belajar IPS kelas VII MTs ISTIQLAL Sidomulyo.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Maya Sari, W., Afifah, S. ., & Priyono, S. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII Mts Istiqlal Sidomulyo. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 1(2), 75–83. https://doi.org/10.30599/jeco.v1i2.242
Abstract Views: 131 | File Views: 175

Most read articles by the same author(s)