Analisis Upaya Guru terhadap Gaya Belajar Siswa yang tidak Berprestasi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v2i2.636Keywords:
Upaya guru, Gaya Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang diberikan oleh guru bagi
siswa yang tidak berprestasi di SD Negeri Tanah Merah. Penelitian ini menggunakan jenis
pendekatan kualitatif metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
menggunakan teknik analisis model Miles & Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data
dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan
bahwa upaya guru terkait dengan gaya belajar bagi siswa yang tidak berprestasi di kelas
yaitu dengan memahami karakter siswa secara lebih intensif, memperbanyak komunikasi,
bertukar pikiran, memberikan motivasi, membuat media pembelajaran yang menarik,
menggunakan gaya belajar yang bervariasi, dan meningkatkan sarana dan prasarana yang
ada disekolah. Gaya belajar siswa yang tidak berprestasi diantaranya, AD yang memiliki
gaya belajar visual, RD memiliki gaya belajar kinestetik, IW memiliki gaya belajar
audiovisual, IM memiliki gaya belajar audio, dan bahkan ada dua siswa yang memiliki
ketiga gaya belajar siswa tersebut adalah AG dan EL.
Kata Kunci; Upaya Guru, Gaya Belajar Siswa