Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Fiki Anggraini Universitas Nurul Huda
  • Sri Enggar Kencana Dewi Universitas Nurul Huda
  • Ahmad Taufiq Yuliantoro Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.463

Keywords:

Mengelola Kelas, Siswa Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas bagi siswa berkebutuhan khusus di SDN 01 Srimulyo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ‎menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari penelitian ini diperoleh bahwa ada empat kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengelolaan kelas yaitu (1) kemampuan pendagogik, (2) kemampuan kepribadian, (3) kemampuan profesional, (4) kemampuan sosial. Kemudian kendala yang dihadapi guru pertama, siswa kurang memperhatikan saat penyampaian materi. Kedua, pada bagian sarana dan prasarana dimana belum adanya tempat atau ruangan secara khusus untuk siswa yang tergolong berkebutuhan khusus. Upaya yang harus dilakukan guru dengan memberikan motivasi, membuat bahan ajar semenarik mungkin untuk menambah ketertarikan siswa dalam belajar serta meningkatkan sarana dan prasarana.

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Anggraini, F., Enggar Kencana Dewi, S. ., & Taufiq Yuliantoro, A. (2023). Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Siswa Berkebutuhan Khusus. FingeR: Journal of Elementary School, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.463

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 85 | File Views: 392