Strategi Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.151Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas dalam pembentukan karakter siswa di kelas IV SDN Taraman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui dua
sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dalam penelitian ini diperolah hasil bahwa strategi yang dilakukan guru kelas IV SD Negeri Taraman dalam pembentukan karakter siswa adalah menjadi teladan dengan memberikan contoh perilaku yang baik, memberikan teguran, kegiatan rutin dan pemberian point ketika berkata kotor. Faktor penghambat meliputi: faktor keluarga, watak anak dan kemajuan teknologi sedangkan Faktor pendukung meliputi peran orang tua dan peran guru.