Analisis Dampak Perilaku Bullying terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Khofifah Muauwanah Universitas Nurul Huda
  • Resti Septikasari Universitas Nurul Huda
  • Ahmad Ulin Ni’am Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.680

Keywords:

Bullying, Perilaku Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak perilaku bullying di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sidogede dalam mempengaruhi perilaku siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunkan ‏model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian jenis bullying yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sidogede diantaranya perilaku bullying fisik meliputi memukul, mencubit, dan memalak (meminta dengan paksa yang bukan miliknya), dan bullying verbal meliputi memaki, menggosip, atau mengejek. Sedangkan dampak yang dialami para siswa korban bullying diantaranya siswa merasa lebih cemas, ketakutan, kesepian, rendah diri, kemudian mengakibatkan tingkat kompetensi sosial lebih rendah, dan penurunan performa akademi siswa. Upaya pihak sekolah dalam mengatasi bullying dengan menerapkan 3P (pencegahan, penanganan, dan pembinaan). Pencegahan dilakukan dengan cara menghadapkan siswa yang bersangkutan baik pelaku maupun korban untuk keduanya diberikan nasehat. Penanganan dilakukan dengan cara menghentikan setiap gejala atau tindakan bullying dengan memberikan pembinaan terhadap pelaku bullying. Pembinaan dilakukan dengan cara memberikan dorongan atau masukan bagi pelaku untuk tidak melakukan lagi hal negatif terhadap korban bullying.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Muauwanah, K., Septikasari, R., & Ulin Ni’am, A. (2024). Analisis Dampak Perilaku Bullying terhadap Perilaku Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. FingeR: Journal of Elementary School, 3(1), 22–31. https://doi.org/10.30599/finger.v3i1.680

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 177 | File Views: 612