Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Authors

  • Ayu Marlina Universitas Nurul Huda
  • Tri Ratna Dewi Universitas Nurul Huda
  • Ahmad Taufiq Yuliantoro Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.424

Keywords:

Strategi Guru, Kedisiplinan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam
meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di kelas VI SD Muhammadiyah 048
Sumber Asri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif,
dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahap reduksi
data, penyajian data dan penyimpulan data. Dalam penelitian ini diperolah hasil
bahwa strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yaitu pada
penerapannya guru melaksanakan peraturan kelas, memberikan hukuman kepada
siswa yang melanggar peraturan, memberikan hadiah/penghargaan kepada siswa
yang memiliki prestasi yang baik dan konsistensi dalam meningkatkan
kedisiplinan belajar siswa. Kendala guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar
siswa salah satunya yaitu kurangnya kesadaran dalam diri siswa dan pemahaman
siswa tentang pentingnya disiplin belajar. Adapun solusi guru yaitu melalui
contoh dan teladan yang baik yang diberikan oleh guru kepada siswa kaitannya
dengan kedisiplinan agar semua siswa mempunyai perilaku yang baik.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Marlina, A. ., Ratna Dewi, T. ., & Taufiq Yuliantoro, A. . (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. FingeR: Journal of Elementary School, 1(2), 58–72. https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.424
Abstract Views: 151 | File Views: 5276