Pengaruh Pembelajaran Ecotechnopreneurship Dan Internal Locus Of Control Terhadap Kesiapan Mental Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Kampus C Universitas Nurul Huda
DOI:
https://doi.org/10.30599/jeco.v3i1.901Keywords:
Pembelajaran Ecotechnopreneurship, Internal Locus Of Control , Kesiapan Mental Berwirausaha MahasiswaAbstract
Meskipun banyak literatur yang membahas tentang signifikansi ecotechnopreneurship dan Internal Locus Of Control secara terpisah, masih sedikit penelitian yang menyelidiki pengaruh kolektif kedua faktor ini terhadap kesiapan mental untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan informasi ini dengan menyelidiki pengaruh kolektif pembelajaran ecotechnopreneurship dan Internal Locus Of Control terhadap kesiapan mental individu untuk berpartisipasi dalam kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif adalah metodologi penelitian yang sejalan dengan ideologi positivis. Metode ini digunakan untuk menyelidiki populasi atau sampel tertentu, dan teknik pengambilan sampel biasanya dilakukan secara acak. Pengumpulan data memerlukan penggunaan instrumen penelitian, sedangkan analisis data berfokus pada metode kuantitatif dan statistik, yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebuah kesimpulan telah dicapai. Pembelajaran ecotechnopreneurship termasuk dalam kategori sedang, dengan total skor 19, mewakili 73,1% peserta. Internal Locus Of Control tergolong sedang, dengan total skor 17, mencakup 65,4% peserta. Tingkat kesiapan mental untuk menjadi seorang wirausahawan sebagaimana ditunjukkan oleh hipotesis alternatif (Ha) diperoleh sebesar 0,045 yang berada di bawah taraf signifikansi 0,05. F tabel memiliki nilai sebesar 3,316 dan f hitung memiliki nilai sebesar 3,557. Koefisien korelasi yang dilambangkan dengan R Square memiliki besaran 0,236. Grafik ini menggambarkan adanya korelasi sebesar 23,6% antar variabel. Pelaksanaan pembelajaran ecotechnopreneurship Internal Locus Of Control pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi terbukti komprehensif dan bermanfaat. Hal ini sangat meningkatkan kesiapan mental berwirausaha mahasiswa untuk berwirausaha.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juwita Sri Lestari, Muhamad Nanang Rifa'i, Khafid Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.