Pengaruh Media Flashcard terhadap Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 MI NH Sukaraja

Authors

  • Mega Saptia pratiwi Universitas Nurul Huda
  • Supangat Supangat Universitas Nurul Huda
  • Dyah Pravitasari Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v2i2.629

Keywords:

Media flashcard, Kosakata

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman kosakata pada siswa kelas I di MI
Nurul Huda Sukaraja pada pembelajaran Bahasa Indonesia, hal ini dikarenakan dari
faktor penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi
permasalahan ini, peneliti berupaya mencoba menerapkan media pembelajaran yang
lebih bervariasi dengan menggunakan media flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh media flashcard terhadap kosakata siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain Nonequialent
Control Group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IA MI Nurul Huda
Sukaraja yang berjumlah 22 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakaan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kosakata siswa sebelum menerapkan
media flashcard adalah 42,85 dan nilai rata-rata kosakata siswa setelah menerapkan
media flashcard adalah 79,52. Dan Hasil uji paired sampel t-test bahwa nilai signifikasi
<0,05 maka Ho ditolak dan sebaliknya jika nilai signifikasi > 0,05 maka Ho diterima.
Karena (nilai sig = 0.000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian
terdapat pengaruh media flashcard terhadap kosakata Bahasa Indonesia siswa kelas I MI
Nurul Huda Sukaraja

Kata Kunci: Media flashcard, Kosakata.

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Saptia pratiwi, M., Supangat, S., & Dyah Pravitasari. (2023). Pengaruh Media Flashcard terhadap Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 MI NH Sukaraja. FingeR: Journal of Elementary School, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.30599/finger.v2i2.629
Abstract Views: 124 | File Views: 203