Peran Digitalisasi Dalam Meningkatkan Pertumbuhan UMKM di Daerah Pedesaan
DOI:
https://doi.org/10.30599/jeco.v3i2.994Keywords:
Digitalisasi, E-commerce, UMKM, Pertumbuhan Ekonomi, Literasi DigitalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran digitalisasi dalam mendorong pertumbuhan UMKM di pedesaan. UMKM seringkali menghadapi tantangan dalam mengakses pasar dan sumber keuangan, terutama di daerah pedesaan. Dengan memanfaatkan platform e-commerce dan teknologi digital, UMKM mempunyai peluang untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi operasionalnya. Data penelitian diperoleh melalui tinjauan pustaka dari berbagai penelitian yang membahas peran e- commerce, literasi digital, tantangan dan peluang UMKM di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif analitis seperti tinjauan pustaka dan wawancara. Studi tersebut menunjukkan bahwa digitalisasi melalui platform e-commerce dan program literasi digital berpotensi meningkatkan pendapatan UMKM secara signifikan melalui perluasan pasar dan penurunan biaya operasional. Namun tantangan masih tetap ada seperti terbatasnya infrastruktur digital dan rendahnya literasi digital di kalangan pemangku UMKM. Solusi yang diusulkan mencakup peningkatan akses terhadap teknologi dan pelatihan literasi digital, yang didukung oleh kebijakan pemerintah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Nur Amalia, Muhammad Akbar Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.