Implementasi Pojok Baca dalam Gerakan Literasi di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya
Gerakan Literasi
DOI:
https://doi.org/10.30599/biduk.v1i2.722Keywords:
Gerakan literasi, implementasi , pojok bacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pojok baca dalam gerakan literasi di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. Jenis penelitian yg digunakan ialah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dalam bentuk informasi serta teks melalaui wawancara pada narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik menganalisis data diperoleh melalui cara mereduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan pojok baca yaitu kegiatan membaca selama lima belas menit sebelum pembelajaran dimulai. Pojok baca di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya adalah upaya belajar yag bisa mempertinggi minat membaca siswa. Pojok baca sebagai sumber belajar dapat dikatakan menjadi suatu daerah yang berada di sudut kelas yang dilengkapi dengan rak buku, koleksi buku, serta dekorasi yang menarik. Pojok baca ini digunakan untuk menarik dan meningkatkan kebiasaan membaca peserta didik.
Kata Kunci: Gerakan literasi, implementasi, pojok baca.