Urgensi Minat Baca Melalui Kegiatan Literasi Membaca Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.30599/biduk.v1i1.516Keywords:
Literasi, membaca, urgensiAbstract
Membaca merupakan kegiatan yang penting dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan literasi bagi siswa MTs Ma'arif Kalidadi. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa masih pasif dalam melaksanakan kegiatan literasi. Siswa di MTs tersebut tidak secara aktif fokus untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, display dan inspeksi. Proses kegiatan literasi ini dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: (1) perencanaan kegiatan literasi, yang diwujudkan dalam rumusan tujuan, rumusan program, rumusan strategi, dan pengelolaan sarana dan prasarana, (2) implementasi budaya literasi terdiri dari aklimatisasi, pengembangan dan pengajaran, (3) evaluasi dalam bentuk perhitungan mingguan, bulanan dan tahunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan yang menyenangkan untuk mengimplementasikan kegiatan literasi, siswa mengembangkan kegairahan, kecintaan, minat dan motivasi untuk meningkatkan minat membaca.