Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Mengembangkan Pendapat Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Belitang Madang Raya

Authors

  • Winda Puspitasari Universitas Nurul Huda
  • Fisnia Pratami Universitas Nurul Huda
  • Saiful Anam Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/biduk.v2iNo.%202.1274

Keywords:

Eksposisi, Kemampuan Berbicara, Model Time Token Arends

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran time token arends terhadap mengembangkan pendapat eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Belitang Madang Raya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token arends terhadap mengembangkan pendapat eksposisi siswa di kelas tersebut. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak empat puluh siswa dari dua kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu; uji analisis deskriptif, uji normalitas, uji paired sampel t-test dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada kelas eksperimen pada prettes memiliki rata-rata sebesar 9,50 mengalami peningkatan menjadi 17,40 setelah posttest, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pada prettes sebesar 11,60 mengalami penurunan menjadi 10,25 setelah posttest. Berdasarkan uji independent sampel t-test menunjukkan bahwa nilai sig (2 tailed) sebesar 0,00<0,05 dengan hasil hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Winda Puspitasari, Pratami, F. ., & Anam, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Mengembangkan Pendapat Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Belitang Madang Raya. BIDUK: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(No. 2), 230–244. https://doi.org/10.30599/biduk.v2iNo. 2.1274
Abstract Views: 18 | File Views: 9