Komponen Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka Khusus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD

Authors

  • Nurul Ittihad Universitas Islam Makassar
  • Rahma Ashari Hamzah Universitas Islam Makassar
  • Rosmala Rosmala Universitas Islam Makassar
  • Riris Sagita Universitas Islam Makassar
  • Mufidah Islamiyah Universitas Islam Makassar
  • Samsinar Suedi Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30599/biduk.v2iNo.%202.1055

Keywords:

Komponen Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi tentang cara meningkatkan elemen modul ajar Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Pemahaman yang buruk tentang konsep Kurikulum Merdeka, keterbatasan waktu dan sumber daya, dan kurangnya dukungan dari pihak terkait adalah masalah utama yang dihadapi guru. Untuk menangani masalah ini, modul pendidikan berkualitas tinggi diperlukan yang berpusat pada pembelajaran modern, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode kepustakaan digunakan untuk melakukan analisis deskriptif kualitatif pada dokumen, jurnal, dan artikel yang relevan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pendidikan yang terstruktur dapat meningkatkan pembelajaran berbasis literasi dan proyek. Mereka menemukan bahwa komponen seperti profil siswa Pancasila, keterampilan awal, dan modul yang unik sangat penting untuk mencapai pembelajaran holistik. Penelitian ini menekankan bahwa pelatihan guru dan peningkatan sumber daya pendidikan sangat penting untuk mendukung program Kurikulum Merdeka. Dengan ini akan membuat pembelajaran Bahasa Indonesia lebih menarik, dan mungkin mampu meningkatkan keterampilan siswa.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Ittihad, N. ., Ashari Hamzah, R. ., Rosmala, R., Sagita, R., Islamiyah, M., & Suedi, S. (2025). Komponen Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka Khusus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. BIDUK: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(No. 2), 186–200. https://doi.org/10.30599/biduk.v2iNo. 2.1055
Abstract Views: 87 | File Views: 52

Most read articles by the same author(s)