Analisis Aspek Kebahasaan dalam Penulisan Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.30599/biduk.v1i1.518Keywords:
Analisis, kebahasaan, soal bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kebahasaan dalam penulisan soal mata pelajaran bahasa Indonesia dikelas VII di MTs Al-Hikmah Purwodadi. Dapat dirumusan masalah bagaimana analisis aspek kebahasaan dalam penulisan soal mata pelajaran bahasa Indonesia semester gasal dikelas VII di MTs Al Hikmah Purwodadi. Metode yang digunakan kualitatif. Data yang digunakan adalah dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah berkas soal kelas VII.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini merupakan peneliti yang sendiri atau human instrument yang berperan sebagai penafsiran dan penganalisis data.Teknik analisis data terdapat tiga tahap analisis yang diharapkann dalam penelitian ini, antar lain sebagai berikut, redaksi, penyajian data, penyimpulan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah aspek kebahasaan dalam penelitian ini sudah cukup baik, ada beberapa soal yang masih banyak kesalahan. Seperti kesalahan aspek kebahasaan dalam penulisan soal. Yaitu 1) kesalahan tanda titik elipsis (tiga titik tanda elipsis kurang dan tanda titik untuk tanda baca akhir kalimat) ada 25 soal yang salah, 2) kesalahan penulisan huruf kapital ada 17 soal yang salah , 3) kesalahan menggunakan bahasa setempat ada 2 soal yang salah. Peneliti menyarakan untuk lebih teliti dalam membuat soal. maka demikian dinyatakan sudah cukup baik.