Pengaruh Budaya Sekolah dalam Pembentukan Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar

Authors

  • Zahra Putri Syawalia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lu'luil Maknun Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.260

Keywords:

Budaya Sekolah, Nilai-Nilai Pancasila

Abstract

PPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana budaya yang ada di sekolah dapat mempengaruhi pendidikan karakter pancasila di Sekolah Dasar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah dipengaruhi oleh program operasional yang diterapkan. Pada saat ini, peserta didik memiliki pemahaman dan penerapan yang kurang dalam hidup berbangsa dan bernegara. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor lainnya, seperti keadaan lingkungan sosial sekolah, lingkungan kerja sekolah, pengelolaan kelas, hingga kepemimpinan kepala sekolah. Oleh karena itu, penerapan pendidikan karakter Pancasila harus kembali digencarkan sebagai upaya meningkatkan kualitas bangsa Indonesia agar lebih baik.

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Syawalia, Z. P., & Maknun, L. . (2023). Pengaruh Budaya Sekolah dalam Pembentukan Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 2(1), 10–19. https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.260

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 240 | File Views: 1189