Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar

Authors

  • Windy Anggi Putrianti Universitas Sriwijaya
  • Sani Safitri Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v2i2.595

Keywords:

Pengamalan nilai-nilai Pancasila, Budaya Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamalan nilai-nilai pancasila yang dilaksanakan
melalui budaya sekolah yang ada di kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 59 Palembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengamalan dalam budaya sekolah
yang mengandung nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila sebagai identitas manusia Indonesia
di kelas IVB SD Negeri 59 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis data model Miles and Huberman, yaitu analisis data berupa reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas IVB
SD Negeri 59 Palembang telah menerapkan nilai-nilai dalam setiap sila pancasila yang
diterapkan melalui kegiatan budaya sekolah dengan baik. Adapun kegiatan-kegiatan
budaya sekolah tersebut yaitu seperti morojaah, budaya 5S (Senyum, sapa, salam, sopan,
dna santun), upacara bendera, gotong-royong, membuat kesepakatan kelas, mengadakan
infaq, tidak membeda-bedakan sesama, tidak adanya bullying, shalat dhuha dan lain
sebagainya.
Kata Kunci; Pengamalan nilai-nilai Pancasila, Budaya Sekolah

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Anggi Putrianti, W., & Safitri, S. (2023). Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 2(2), 65–72. https://doi.org/10.30599/finger.v2i2.595
Abstract Views: 44 | File Views: 43