Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.129Keywords:
Keterampilan Guru, Pengelolaan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas di kelas IV SD Muhammadiyah 048 Sumber Asri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dalam penelitian ini diperolah hasil bahwa dalam keterampilan pengelolaan kelas dapat ditempuh dengan dua cara yang pertama bersifat preventif yaitu untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal. Keterampilan pengelolaan kelas yang kedua bersifat represif, memodifikasi tingkah laku, pengelolaan manajemen kelompok dan guru telah memanfaatkan metode pemecahan masalah kelompok untuk mengendalikan kondisi belajar yang optimal. Kendala dalam pengelolaan kelas yang ditemukan ketika mengajar ialah guru kurang menguasai anak yang terlalu aktif untuk mengembalikan suasana belajar yang kondusif yaitu dengan memberikan teguran dan motivasi agar peserta didik semangat dalam belajar dan kurangnya fasilitas belajar yakni ruang kelas
yang mampu menunjang proses pembelajaran serta mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.