Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas

Authors

  • Tiyan Ika Astari Universitas Nurul Huda
  • Tri Ratna Dewi Universitas Nurul Huda
  • Ahmad Taufiq Yuliantoro Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.129

Keywords:

Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas di kelas IV SD Muhammadiyah 048 Sumber Asri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dalam penelitian ini diperolah hasil bahwa dalam keterampilan pengelolaan kelas dapat ditempuh dengan dua cara yang pertama bersifat preventif yaitu untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal. Keterampilan pengelolaan kelas yang kedua bersifat represif, memodifikasi tingkah laku, pengelolaan manajemen kelompok dan guru telah memanfaatkan metode pemecahan masalah kelompok untuk mengendalikan kondisi belajar yang optimal. Kendala dalam pengelolaan kelas yang ditemukan ketika mengajar ialah guru kurang menguasai anak yang terlalu aktif untuk mengembalikan suasana belajar yang kondusif yaitu dengan memberikan teguran dan motivasi agar peserta didik semangat dalam belajar dan kurangnya fasilitas belajar yakni ruang kelas
yang mampu menunjang proses pembelajaran serta mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Tiyan Ika Astari, Ratna Dewi, T. ., & Yuliantoro, A. T. . (2022). Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas . FingeR: Journal of Elementary School, 1(2), 73–87. https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.129
Abstract Views: 140 | File Views: 631