Integrasi Teknologi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 pada Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.30599/jupin.v3i02.995Keywords:
integrasi, teknologi pembelajaran, kurikulum merdekaAbstract
Revolusi Industri 4.0 membawa paradigma baru dalam pendidikan, menekankan integrasi teknologi dalam semua aspek pembelajaran. Hal ini mencakup penggunaan perangkat lunak, aplikasi, dan platform digital untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa (Sukana, 2024). Di era ini, keterampilan digital menjadi esensial bagi kemampuan siswa untuk bersaing di pasar kerja global yang semakin terhubung. Integrasi teknologi dalam kurikulum PAI tidak hanya menawarkan pengetahuan agama, tetapi juga mempersiapkan siswa dengan keterampilan teknologi yang relevan (Muthmainnah & Bahaking Rama, 2024). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memahami persepsi serta dampak dari integrasi teknologi dalam pembelajaran PAI. Kesimpulannya, integrasi teknologi pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 pada kurikulum Merdeka mata pelajaran PAI di SMP Diponegoro Tekorejo merupakan adanya pengembangan media pembelajaran vidio ataupun game pembelajaran dengan menggunakan leptop, proyektor, HP dan tak terlepas dari penggunaan internet. Serta prosesnya sendiri berjalan dengan baik dengan adanya pengintegrasian tersebut seperti berfariasinya media-media dalam pembelajaran serta ilmu dan guru yang mahir dalam bidangnya membuat materi mudah tersampaikan serta menumbuhkan semangat dalam belajar pada mata pelajaran PAI juga memudahkan dalam pembentukan dan perbaikan karakter siswa/siswi yang positif dan religius.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Kurniawati Jari, Ahmad Sodikin, M Tasdiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.