Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Authors

  • Romdloni Romdloni Universitas Nurul Huda
  • Muhamad Ikhsanudin Universitas Nurul Huda
  • Ikrimatun Nafisa Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jupin.v3i02.1015

Keywords:

Kompetensi Pedagogik Guru, Keaktifan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Yosowinangun, (2) Untuk mengetahui dampak kompetensi pedqgogik Guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada terhadap kompetensi pedagogik guru terhadap pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu :reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Kredibilitas, Dependabilitas. Konfirmabilitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di MA NU yosowinangun guru aqidah akhlak mampu menerapkan kompetensi pedagogik dengan baik Karena mempunyai prinsip mendidik bukan memaksa. Setelah melakukan penelitian peneliti menemukan bahwa di kelas X maupun kelas XI guru mampu memahami peserta didik dalam membuat perencanaan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran dan pengembangan peserta didik. Perbedaan yang peneliti ditemukan yaitu diproses pembelajaran yang mana di kelas X guru menggunakan sarana penayangan video untuk mengaktifkan siswa dan berdampak baik, yaitu siswa mampu menjadi lebih semangat, tidak mengantuk lebih mudah dipahami, dan belajar untuk public speaking.  Sedangkan di kelas XI guru mengaktifkan siswa dengan  sabar  dalam menjelaskan materi dan secara mendetail dalam penjelasan serta tidak lupa selalu memberikan contoh yang guru terapkan dalam pembelajaran, hal ini berdampak kepada siswa yaitu dapat menerapkan pelajaran aqidah akhlak dalam kehidupan sehari-hari dengan tahu cara berakhlak yang baik kepada siapapun dan di manapun. Dalam hal ini peneliti menemukan penambahan yaitu pentingnya teknologi dan pembiasaan untuk publik speaking yang berdampak baik pada peserta didik sehingga peserta didik mampu lebih semangat, tidak mengantuk, dan aktif bertanya dalam pembelajaran. Selanjutnya perbedaan ada pada evaluasi pembelajaran yakni pada kelas X menggunakan evaluasi dengan soal di LKS setiap 1 BAB, sedangkan dikelas XI menggunakan ujian lisan setelah 1 BAB. Keduanya berdampak sama yaitu sisiwa mampu menghafal materi yang diberikan dan membuat siswa jsdi lebih aktif, semangat dan mendapatkan nilai yang baik.

Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Keaktifan Belajar

 

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Romdloni, R., Ikhsanudin, M., & Nafisa, I. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak . JUPIN (Jurnal Pendidikan Islam Nusantara), 3(02), 139–156. https://doi.org/10.30599/jupin.v3i02.1015
Abstract Views: 5 | File Views: 1