Kebijakan Terkini dalam Pendidikan: Dampak dan Implementasinya di Sekolah

Authors

  • Salsa Maulida UIN Syarif Hidayatullah
  • Hesti Kusumaningrum UIN Syarif Hidayatullah
  • Ahmad Ubaidillah Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah
  • Dwi Tuhfatus Sania Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.30599/jupin.v3i02.996

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak dan implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka di sekolah, serta mengevaluasi efektivitas peran guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih mandiri dan kreatif. Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah masih menghadapi beberapa tantangan, seperti ketidakjelasan pemahaman materi, ketidaksetaraan ketersediaan sumber daya, dan manajemen waktu yang tidak seimbang. Penelitian ini menggunakan metode literatur. Data dianalisis untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari implementasi kurikulum ini, serta efektivitas peran guru dalam memfasilitasi proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa memiliki kebebasan untuk menentukan jalur pembelajaran mereka sendiri sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan pribadi mereka. Namun, masih diperlukan strategi yang baik dari kepala sekolah untuk mengajak guru bergerak dan memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih efektif. Dampak negatif seperti ketidakjelasan pemahaman materi dan ketidaksetaraan ketersediaan sumber daya juga perlu diperhatikan dan diatasi.

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Maulida, S., Kusumaningrum, H., Ubaidillah, A., & Tuhfatus Sania, D. (2024). Kebijakan Terkini dalam Pendidikan: Dampak dan Implementasinya di Sekolah. JUPIN (Jurnal Pendidikan Islam Nusantara), 3(02), 89–100. https://doi.org/10.30599/jupin.v3i02.996
Abstract Views: 7 | File Views: 2

Most read articles by the same author(s)