Mengenal Strategi Efektif Manajemen Kurikulum di Era Digital

Authors

  • Anisa Tri Wulandari UIN Syarif Hidayatullah
  • Karinah Karinah UIN Syarif Hidayatullah
  • Nabila Ariyani N UIN Syarif Hidayatullah
  • Hesti Kusumaningrum UIN Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.30599/jupin.v3i02.1056

Keywords:

Strategi efektif, Kurikulum digital, manajemen kurikulum, era digital

Abstract

Di era digital saat ini, transformasi teknologi informasi telah mendorong perubahan signifikan dalam sistem pendidikan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi-strategi efektif manajemen kurikulum dalam  memanfaatkan potensi teknologi digital secara optimal.  

Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi, seperti keterbatasan akses teknologi dan resistensi terhadap perubahan. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan adanya penyesuaian dalam pendekatan kurikulum yang berfokus pada pelatihan berkelanjutan untuk pendidik, kolaborasi antara pendidikan dan teknologi, serta evaluasi rutin terhadap implementasi kurikulum digital. 

Kami berharap hasil penelitian ini  dapat memberikan informasi yang berguna bagi para pengambil kebijakan pendidikan, perancang kurikulum, dan pendidik dalam merancang dan melaksanakan program yang efektif di era digital, untuk memaksimalkan hasil pembelajaran dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. 

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Anisa Tri Wulandari, Karinah, K., Ariyani N, N. ., & Kusumaningrum , H. (2024). Mengenal Strategi Efektif Manajemen Kurikulum di Era Digital . JUPIN (Jurnal Pendidikan Islam Nusantara), 3(02), 157–170. https://doi.org/10.30599/jupin.v3i02.1056
Abstract Views: 18 | File Views: 4

Most read articles by the same author(s)