Strategi Pembelajaran Membaca Kitab Kuning di Kelas 3 Madrasah Diniyah Wustho di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja
DOI:
https://doi.org/10.30599/jupin.v1i2.193Keywords:
Strategi, pembelajaran, Membaca Kitab KuningAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran membaca kitab kuning, untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam pembelajaran membaca kitab kuning dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis juga menyertakan beberapa lampiran yang terkait dengan penelitian ini. Proses pembelajaran membaca kitab kuning di kelas 3 Madrasah Diniyah Wustho dengan guru memberi materi dengan membacakan kitab kuning dan santri memaknai kitab kuning, guru memaknai kitab kuning dengan bahasa Jawa dan Indonesia, membacakan makna dengan kitab kuning sendiri bertujuan agar santri dapat lebih memahami, santri menyodorkan kitab kuning dan membaca kitab kuning dihadapan guru. Di Madrasah Diniyah Wustho santri diwajibkan untuk menghafalkan nadzom nahwu dan tashrif. Pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan strategi bandongan, sorogan, dan hafalan. Faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pembelajaran membaca kitab kuning yaitu fasilitas memadai, santri bisa memaknai kitab kuning, santri sering terlambat, tidur saat pembelajaran
berlangsung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Asep Rahmatullah, Nur Voni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.