Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kreativitas Kerajinan Limbah Tekstil Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas XI di SMA Pangudi Luhur Sukaraja
DOI:
https://doi.org/10.30599/jeco.v3i1.614Keywords:
Video Kreatifitas, Kerajinan Limbah Tekstil, Motivasi BelajarAbstract
masalah yang akan dihadapi saat ini adalah sedikitnya motivasi belajar peserta didik dalam Program pelatihan kerajinan dan kewirausahaan. Program pelatihan kerajinan dan kewirausahaan. menyebabkan minat terhadap sektor kewirausahaan menjadi rendah. Saat motivasi belajar rendah maka proses pembelajaran pun menjadi pasif. Siswa harus aktif dalam belajar.Siswa harus memiliki motivasi akademik yang kuat Untuk mencapai hasil pembelajaran terbaik.Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan materi pembelajaran bidang kerajinan tangan dan kewirausahaan untuk menarik motivasi belajar siswa dalam bentuk video kreatif tentang kerajinan tangan bekas tekstil. Ketahui pendapat ahli tentang kelayakan dan umpan balik dari pendidik dan siswa. R&D dengan model pengembangan 4D digunakan sebagai metode pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket kepada para ahli.ahli perangkat keras dan komunikasi untuk menguji kelayakan, bersama dengan pertanyaan umpan balik guru dan pertanyaan umpan balik siswa dengan pengujian individu, kelompok kecil, dan lapangan untukmenguji serapan. video kreatif kerajinan limbah tekstil sebagai Bahan pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran kerajinan tangan dan bisnis. Jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah kualitatif kemudian dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif, berupa data numerik dan berupa kata-kata untuk mengetahui kesesuaian produk.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengembangkan video inovasi kerajinan dari limbah tekstil sektor kerajinan dan perdagangan yang dapat digunakan di tingkat SMA/MA sebagai bahan edukasi.2) Produk akhir mencapai kriteria sangat baik dengan rata-rata skor ahli materi 85% dan ahli media 90% 3) Rasio produk siswa pada tes individu dengan rasio 86,67 dengan kriteria sangat baik, pada kelompok kecil rasio sebesar 89 dengan kriteria sangat baik, sedangkanpada survei lapangan rasionya sebesar 92,85 dengan kriteria sangat baik .4) Memenuhi uji produk pendidikan dengan nilai 88 dengan kriteria sangat baik. Pengembangan bahan ajar berupa video kreasi kerajinan tangan dari limbah tekstil dapat dijadikan sebagai bahan ajar prakarya dan kewirausahaan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Venta Febriyanti, Miftakhur Rohmah, Rafika Rahmadani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.