Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kreativitas Kerajinan Limbah Tekstil Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas XI di SMA Pangudi Luhur Sukaraja

Authors

  • Venta Febriyanti Universitas Nurul Huda
  • Miftakhur Rohmah Universitas Nurul Huda
  • Rafika Rahmadani Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jeco.v3i1.614

Keywords:

Video Kreatifitas, Kerajinan Limbah Tekstil, Motivasi Belajar

Abstract

masalah  yang akan dihadapi  saat ini adalah sedikitnya  motivasi belajar peserta didik dalam Program pelatihan kerajinan dan kewirausahaan. Program pelatihan kerajinan dan kewirausahaan. menyebabkan minat terhadap sektor kewirausahaan menjadi rendah. Saat motivasi belajar rendah maka proses pembelajaran pun menjadi pasif. Siswa harus aktif dalam belajar.Siswa harus memiliki motivasi akademik yang kuat Untuk mencapai hasil pembelajaran terbaik.Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan materi pembelajaran bidang kerajinan tangan dan kewirausahaan untuk menarik motivasi belajar siswa dalam bentuk video kreatif tentang kerajinan tangan bekas tekstil. Ketahui pendapat  ahli tentang kelayakan dan umpan balik dari pendidik dan siswa. R&D dengan model pengembangan 4D digunakan sebagai metode pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket kepada para ahli.ahli perangkat keras dan komunikasi untuk menguji kelayakan, bersama dengan pertanyaan umpan balik guru dan pertanyaan umpan balik siswa dengan pengujian individu, kelompok kecil, dan lapangan untukmenguji serapan. video kreatif kerajinan limbah tekstil sebagai Bahan pembelajaran  dapat digunakan dalam pembelajaran kerajinan tangan dan bisnis. Jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah kualitatif kemudian dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif, berupa data numerik dan berupa kata-kata untuk mengetahui kesesuaian produk.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengembangkan video inovasi kerajinan dari limbah tekstil sektor kerajinan dan perdagangan yang dapat digunakan di tingkat SMA/MA sebagai bahan edukasi.2) Produk akhir  mencapai kriteria sangat baik dengan rata-rata skor ahli materi 85% dan ahli media 90% 3) Rasio produk  siswa pada tes individu dengan rasio 86,67 dengan kriteria sangat baik, pada kelompok kecil rasio sebesar 89 dengan kriteria sangat baik, sedangkanpada survei lapangan rasionya sebesar 92,85 dengan kriteria sangat baik .4) Memenuhi uji  produk pendidikan dengan nilai 88 dengan kriteria sangat baik. Pengembangan bahan ajar berupa video kreasi kerajinan tangan dari limbah tekstil dapat dijadikan sebagai bahan ajar prakarya dan kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Febriyanti, V., Rohmah, M., & Rahmadani, R. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kreativitas Kerajinan Limbah Tekstil Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas XI di SMA Pangudi Luhur Sukaraja. JECO: Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.30599/jeco.v3i1.614
Abstract Views: 208 | File Views: 108