Analisis Pendidikan Karakter: Novel Hayya Karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas dengan Teori Character Counts

Authors

  • Nur Lailiyah Universitas Nurul Huda
  • Suryani Suryani Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/biduk.v1i1.517

Keywords:

Character Counts, Novel, Pendidikan Karakter

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan pendidikan karakter dalam novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas: Teori Character Counts. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memfokuskan penelitian pada pendekatan kepustakaan (Library Research). Penelitian ini menggunakan teori character counts yang mengkaji enam aspek pendidikan karakter yaitu Amanah/dapat dipercaya (Trustworthy), Rasa Hormat (Respectful), Tanggung Jawab (Responsible), Keadilan/ Adil (Faerness), Kepedulian/Peduli (Caring), Nasionalis/ Kewarganegaraan (Citizenship). Pada teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik telaah dokumen atau biasa disebut dengan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa temuan pendidikan karakter dalam novel ini ada 4 yakni : amanah (5), rasa hormat (5), tanggung jawab (5), dan kepedulian (11). Dalam pendidikan karakter keadilan dan nasionalis tidak ditemukan. Berdasarkan  hasil tersebut novel hayya dapat dikatakan memiliki pendidikan karakter yang cukup komplek dan dapat dipahami dengan baik.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Lailiyah, N., & Suryani, S. (2023). Analisis Pendidikan Karakter: Novel Hayya Karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas dengan Teori Character Counts. BIDUK: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 31–45. https://doi.org/10.30599/biduk.v1i1.517

Issue

Section

Articles
Abstract Views: 93 | File Views: 99