Analisis Pendidikan Karakter: Novel Hayya Karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas dengan Teori Character Counts
DOI:
https://doi.org/10.30599/biduk.v1i1.517Keywords:
Character Counts, Novel, Pendidikan KarakterAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan pendidikan karakter dalam novel Hayya karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas: Teori Character Counts. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memfokuskan penelitian pada pendekatan kepustakaan (Library Research). Penelitian ini menggunakan teori character counts yang mengkaji enam aspek pendidikan karakter yaitu Amanah/dapat dipercaya (Trustworthy), Rasa Hormat (Respectful), Tanggung Jawab (Responsible), Keadilan/ Adil (Faerness), Kepedulian/Peduli (Caring), Nasionalis/ Kewarganegaraan (Citizenship). Pada teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik telaah dokumen atau biasa disebut dengan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa temuan pendidikan karakter dalam novel ini ada 4 yakni : amanah (5), rasa hormat (5), tanggung jawab (5), dan kepedulian (11). Dalam pendidikan karakter keadilan dan nasionalis tidak ditemukan. Berdasarkan hasil tersebut novel hayya dapat dikatakan memiliki pendidikan karakter yang cukup komplek dan dapat dipahami dengan baik.