Penggunaan Media Game Anak Edukasi Hijaiyah untuk Keterampilan Minat Baca Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas I SD Negeri 01 Tugu Harum

Authors

  • Aan Yusuf Khunaifi IAI Faqih Asy'ari Kediri
  • Melda Yuniar Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jupin.v1i2.124

Keywords:

Media Game, Reading Interest Skills, Hijaiyah Letters

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran game, mengetahui minat baca huruf hujaiyah serta dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media game anak edukasi hijaiyah. Penelitiam ini menggunakan pendekatan dekriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1)Penerapan media pembelajaran berupa game edukasi peserta didik mengendalikan dengan bergantian akan tetapi dilakukan secara individual. (2) Keterampilan Minat Baca Huruf Hijaiyah Sebelum Menggunakan Media Game Anak Edukasi Hijaiyah yaitu sebagian anak masih dibawah standar dalam membaca huruf hijaiyah. (3) Dampak Yang Ditimbulkan Dari Penggunaan Media Game Anak Edukasi Hijaiyah adalah bisa dikatakan media yang dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan membaca huruf hijaiyah.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Khunaifi, A. Y., & Yuniar, M. (2022). Penggunaan Media Game Anak Edukasi Hijaiyah untuk Keterampilan Minat Baca Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas I SD Negeri 01 Tugu Harum. JUPIN (Jurnal Pendidikan Islam Nusantara), 1(2), 100–114. https://doi.org/10.30599/jupin.v1i2.124
Abstract Views: 173 | File Views: 202