Pemanfaatan Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Puisi Untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Pemahaman Sastra Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja

Authors

  • Puspita Damayanti Universitas Nurul Huda
  • Sugiarti Sugiarti
  • Mukhamad Fathoni Mukhamad Fathoni
  • Riri Mariansa Saib Riri Mariansa Saib

DOI:

https://doi.org/10.30599/binary.v1i1.795

Keywords:

Kurikulum, puisi, Pembelajaran, RPP, Profesionalisme guru

Abstract

Penelitian ini menjelaskan 4 tujuan. (1) Penyusunan kurikulum puisi dengan peta konsep. (2) Mempersiapkan guru kelas untuk mempelajari puisi dengan peta konsep. (3) Penerapan puisi akademik dengan peta konsep. (4) Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran puisi dengan peta konsep. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data dan verifikasi data. Pengujian kebenaran data diterapkan dengan menggunakan sumber dan teknik teknik segitiga. Hasil Penelitian ini memiliki 4 kesimpulan. (1) Proses penyusunan kurikulum puisi pada peta konsep dari lokakarya persiapan perangkat pembelajaran berupa kurikulum, program tahunan, program semester, RPP peta konsep. (2) Mempersiapkan guru kelas untuk pembelajaran puisi menggunakan peta konsep dengan meningkatkan profesionalisme guru, misalnya dengan meningkatkan pendidikan, pelatihan, seminar. (3) Penerapan puisi akademik dengan peta konsep yang berkaitan dengan pelaksanaan tujuan pembelajaran. Penerapan bahan pelajaran. Penerapan metode pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran berupa kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutupan Gunakan lingkungan belajar yang sesuai. Pelaksanaan evaluasi kognitif, afektif dan psikomotorik. (4) Evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran pembuatan dan penerapan instrumen dengan peta konsep puisi ringkasa

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Damayanti, P., Sugiarti, S., Mukhamad Fathoni, M. F., & Riri Mariansa Saib, R. M. S. (2024). Pemanfaatan Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Puisi Untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Pemahaman Sastra Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja. Binary: Jurnal Teknologi Informasi Dan Edukasi, 1(1), 26–34. https://doi.org/10.30599/binary.v1i1.795
Abstract Views: 157 | File Views: 119