Penerapan Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Anggi Noviana Universitas Nurul Huda
  • Muarif Muarif
  • sugiarti sugiarti
  • Helen Febrianti Helen Febrianti

DOI:

https://doi.org/10.30599/binary.v1i1.796

Keywords:

Motivasi belajar, Pendidikan, pendidikan agama islam, permainan edukatif

Abstract

Motivasi belajar adalah faktor penting dalam mencapai keberhasilan akademik siswa. Bagi siswa SMA, pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menjadi tantangan karena kompleksitas materi dan kurangnya minat yang kuat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan metode permainan edukatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode permainan edukatif secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Siswa yang terlibat dalam metode permainan edukatif menunjukkan peningkatan motivasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, hasil tes pemahaman Pendidikan Agama Islam juga menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelompok perlakuan.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Noviana, A., Muarif, M., sugiarti, sugiarti, & Helen Febrianti, H. F. (2024). Penerapan Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Binary: Jurnal Teknologi Informasi Dan Edukasi, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.30599/binary.v1i1.796
Abstract Views: 515 | File Views: 222