Pengembangan Kreatifitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Suwandi Suwandi Universitas Nurul Huda
  • Muhamad Nuryadi STIT Nurussalam OKU Timur
  • Romdloni Romdloni Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.30599/jupin.v3i01.231

Keywords:

Kreativitas,, Guru, Proses Pembelajaran

Abstract

Kreativitas guru agama adalah kemampuan untuk menemukan pemikiran tentang ideide baru dalam pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan,
khususnya pengetahuan tentang pendidikan agama Islam. Oleh karena itu guru yang
kreatif harus mempunyai rasa tertarik untuk mencari tentang perkembangan
pendidikan Islam pada saat ini dan harapan untuk yang akan datang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengembangan kreativitas guru dalam proses
pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Muhammadiyah 1 Rawabening Tahun
2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif lapangan
(fieldresearch), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data,
verifikasi dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan dengan triangulasi
data. Berdasarkan hasil penelitian penulis yang dilaksanakan pada tanggal 24 April
sampai 27 April menyatakan bahwa Kreativitas guru PAI dalam proses pembelajaran,
guru belum memiliki banyak kreativitas untuk menciptakan produk yang mendukung
saat proses belajar mengajar. Kreativitas guru pendidkikan agama islam dalam proses
pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Rawabening. Menunjukkan perlunya
penguasaan kreativitas dalam setiap melangsungkan proses pembelajaran karena
dengan penguasaan kreativitas menciptakan produk, materi yang diajarkan kepada
peserta didik akan mudah dipahami, dan dapat membuat siswa aktif dalam proses
pembelajaran

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Suwandi, S., Nuryadi, M., & Romdloni, R. (2024). Pengembangan Kreatifitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JUPIN (Jurnal Pendidikan Islam Nusantara), 3(01), 39–58. https://doi.org/10.30599/jupin.v3i01.231
Abstract Views: 111 | File Views: 125